• Posted by : Unknown Senin, 10 September 2018

    rangkuman materi bahasa Arab semeter 2 kls XI


    Rangkuman Materi Bahasa Arab Semester Genap
    1.       Percakapan tentang Kehidupan Sekolah
    اَلمُدَرِّسُ   : أَيْنَ التَّلاَمِيْذَ؟
    يُوْنُسُ    : التَّلاَمِيْذُ فِي الفَصْلِ
    اَلمُدَرِّسُ   : أَيْنَ الْمَقْصَفَ؟
    يُوْنُسُ    : اَلْمَقْصَفُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
    اَلمُدَرِّسُ   : شُكْـرًا
    يُوْنُسُ    : عَفْوً
    اَلمُدَرِّسُ   : يَا يُوْنُسُ مَا هذَا؟
    يُوْنُسُ    : هذَا مَعْمَلٌ
    اَلمُدَرِّسُ   : وَمَا هذِهِ؟
    يُوْنُسُ    : هذِهِ مَكْتَبَةٌ
    اَلمُدَرِّسُ   : أَيْنَ المَعْمَلَ؟
     يُوْنُسُ    : اَلْمَعْمَلُ أَمَامَ الْمَسْجِدِ
    مَدْرَسَةٌ
    Sekolah
    مَعْمَلٌ
     Laboratorium
    فَصْلٌ
    Kelas
    مَيْدَانٌ
    Lapangan
    مَسْجِدٌ
    Mesjid
    إِدَارَةٌ
    Kantor
    بَابٌ
    Pintu
    غُرْفَةُ الأَسَاتِيْذَ
    Ruang guru
    مَوْقُفٌ
    Tempat Parkir
    حَدِيْقَةٌ
    Taman
    مَكْتَبَةٌ
    Perpustakaan
    حَمَّامٌ
    Kamar Mandi
    مَقْصَفٌ
    Kantin
    مُدِيْرٌ
    Kepala sekolah
    2.       Ungkapan waktu / bilangan waktu (عدد الساعة)
    Jam 01.00 :
    السَّاعَةُ الوَاحِدَةُ
    Jam 07.00 :
    السَّاعَةُ السَّابِعَةُ
    Jam 02.00 :
    السَّاعَة ُالثَّانِيَةُ
    Jam 08.00 :
    السَّاعَةُ الثَّامِنَةُ
    Jam 03.00 :
    السَّاعَةُ الثَّالِثَةُ
    Jam 09.00 :
       السَّاعَةُ التَّاسِعَةُ
    Jam 04.00 :
    السَّاعَةُ الرَّابِعَةُ
    Jam 10.00 :
    السَّاعَةُ العَاشِرَةُ
    Jam 05.00 :
    السَّاعَةُ الخَامِسَةُ
    Jam 11.00 :
    السَّاعَةُ الحَادِيَةَ عَشْرَةَ
    Jam 06.00 :
    السَّاعَةُ السَّادِسَةُ
    Jam 12.00 :
    السَّاعَةُ الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ
    Seperempat jam
    الرُّبْعُ
    Setengah jam (30 menit)
    النِّصْفُ
    Lebih
    وَ
    Kurang
    إِلاَّ
    Tepat
    تَمَامًا / ضَابِط
    3.       Materi Pembelajaran
    Nama Hari
    Hari Senin
    يوم الإثنين
    Hari Selasa
    يوم الثلاثاء
    Hari Rabu
    يوم الأربعاء
    Hari Kamis
    يوم الخميس
    Hari Jumat
    يوم الجمعة
    Hari Sabtu
    يوم السبت
    Hari Ahad
    يوم الأحد
    Nama Tahun
    Tahun Hijriah
    Tahun Masehi
    رجب
    محرم
    يوليو
    يَنَايِرِ
    شعبان
    صفر
    اغسطس
    فَبْرَايِر
    رمضان
    ربيع الأول
    سبتنبر
    مَارس
    شوال
    ربيع الثاني
    اكتوبر
    ابريل
    ذوالقعدة
    جمادي الأولى
    نوفمبر
    مايو
    ذوالحجة
    جمادي الثانية
    ديسنبر
    يونيو
    4.       Materi Pembelajaran
    KELUARGA FAUZIAH
    Fauziah memperkenalkan keluarganya.
    Nama saya Fauziyah
    إسْمِيْ فَوْزِيَّةٌ،
    Umur saya 16 tahun, saya seorang siswi
    عُمْرِيْ سِتَّ عَشْرَةَ سَنَةً، أَنَا تِلْمِيْذَةٌ،
    Saya tinggal di Bandung bersama keluarga saya,
    أسْكُنُ فِيْ بَانْدُونغ مَعَ أُسْرَتِيْ،
    Ini ayahku, namanya Hasan, dia seorang dokter
    هَذَا أَبِيْ، إِسْمُهُ حَسَنٌ، هُوَ طَبِيْبٌ
    Dan ini ibuku, namanya Maryam, dia seorang ibu rumah tangga,
    وَهَذِهِ أُمِّيْ، إِسْمُهَا مَرْيَمٌ، هِيَ ربّة البَيْتِ
    Dan ini kakak laki-laki saya, namanya Ali, dia seorang Arsitek,
    وَهَذَا أَخِيْ كَبِيْرٌ، إسْمُهُ عَلِي، هُوَ مُهَنْدِسٌ،
    Dan ini Adik perempuan saya, namanya Husna, dia seorang Siswi.
    وَهَذِهِ أُخْتِيْ صَغِيْرَةٌ، إسْمُهَا حُسْنَى، هِيَ تِلْمِيْذَةٌ،
    اَلْمِهْنَةُ (Profesi)
    طَالِبٌ
    Siswa
    طَيَّارٌ
    Pilot
    مُدَرِّسٌ
    Guru
    جُنْدِيٌّ
    Tentara
    مُهَنْدِسٌ
    Insyinyur
    تَاجِرٌ
    Pedagang 
    طَبِيْبٌ
    Dokter
    فَلاَّحٌ
    Petani
    مُوَظَّفٌ
    Pegawai
    مُدِيْرٌ
    Kepala Sekolah
    مُمَرِّضٌ
    Perawat
    رَبَةٌ الْبَيْتِ
    Ibu rumah tangga
    5.       Materi Pembelajaran
    Isim Mufrod, Mutsana dan Jama’ (مفرد – مثنى - جمع)
    Ø  Isim Mufrod adalah yang menunjukkan bilangan satu (baik orang, tempat atau benda).
    Ø  Isim Mutsana adalah yang menunjukkan bilangan dua (baik orang, tempat atau benda). Cirinya : ا – ن / ي - ن
    Ø  Isim Jama’ adalah yang menunjukkan kepada banyak atau bilangan lebih dari dua (baik orang tempat atau benda).
    Jama’ ada 2 :
    Jama’ Mudzakar (untuk laki-laki) cirinya: و – ن  / ي - ن
    Jama’ Muanats (untuk perempuan) cirinya: ا – ت                                                                             
    Contoh :
    جَمْعٌ
    (Banyak)
    مُثَنَى
    (Dua)
    مًُفْرَدٌ
    (Tunggal)
    مُؤَنَّثٌ
    Perempuan
    مُذَكَرٌّ
    Laki-laki
    -
    طَالِبُونَ
    طَالِبَانِ
    طَالِبٌ
    Banyak siswa
    Dua orang siswa
    Seorang siswa
    طَالِبَاتٌ
    -
    طَالِبَتَانِ
    طَالِبَةٌ
    Banyak siswi
    Dua orang siswi
    Seorang siswi
    6.       Materi Pembelajaran
    Kata Sifat (اسم الصفة)
    • Shifat (صفة) adalah yang mensifati / memberikan sifat.
    • Maushuf (موصوف ) adalah yang disifati / diberi sifat.
    • Ketentuan – ketentuan Shifat dan Maushuf :
    -   Jika Maushuf (yang disifati) Mudzakar, maka Shifatnya harus Mudzakar.
    Contoh:        مِرْسَمٌ طَوِيْلٌ                             (Pensil yang panjang)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) Muannats, maka Shifatnya harus Muannats.
    Contoh:      مَدْرَسَةٌ كَبِيْرَةٌ                            (Sekolah yang besar)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) Mufrod, maka Shifatnya harus Mufrod.
    Contoh:        اَلطَّالِبُ اَلنَّشِيْطُ                          (Seorang siswa yang rajin)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) Mutsana, maka Shifatnya harus Mutsana.
    Contoh:        قَلَمَانِ قَبِيْحَانِ                            (Dua pulpen yang jelek)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) Jama’, maka Shifatnya harus Jama’.
    Contoh:        المُدَرِّسُونَ اَلْجَدِيْدُوْنَ (Banyak guru laki-laki yang baru)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) memakai “ ال ”, maka Shifatnya harus memakai “ ال ”.
    Contoh:        اَلْبَيْتُ اَلْقَرِيْبُ                            (Rumah yang dekat)
    -   Jika Maushuf (yang disifati) memakai tanwin ( ً ٍ ٌ ), maka Shifatnya harus memakai tanwin (ً ٍ ٌ ).
    Contoh:        مَكْتَبَةٌ وَاسِعَةٌ                            (Perpustakaan yang luas)
    7.       Materi Pembelajaran
    Huruf Jar (حرف الجر)
    Dari
    مِنْ
    Kadang-kadang
    رُبَّ
    Ke
    إِلَى
    Dengan
    بِ
    Dari
    عَنْ
    Seperti
    كَ
    Di atas
    عَلَى
    Untuk
    لِ
    Di / di dalam
    فِيْ
            Contoh :
    Saya pergi ke sekolah
    أَنَا أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
    Ibuku pergi ke pasar
    أُمِّيْ تَذْهَبُ إِلَى السُّوْقِ
    Siswa makan di kantin
    أَكَلَ الطَّالِبُ فِي الْمَقْصَفِ
    Ayah  datang dari Jakarta
    جَاءَ الأَبُ مِنْ جَاكَرْتَا
    8.       Materi Pembelajaran
    Arah (أسماء الجهات) atau Letak suatu benda (ظرف المكان)
    Di depan
    أَمَامَ
    Di antara
    بَيْنَ
    Di belakang
    وَرَاءَ / خَلْفَ
    Di sekitar
    حَوْلَ
    Di atas
    فَوْقَ
    Di sisi
    عِنْدَ
    Di bawah
    تَحْتَ
    Di samping
    جَنْبَ
    Kanan
    يَمِيْنَ
    Di sebelah
    جَانِبَ
    Kiri
    شِمَالَ / يَسَارَ
    Di sini
    هُنَا
    Di sana
    هُنَاكَ
    Barat
    غَرْبٌ
    Utara
    شَمَالَ
    Timur
    شَرْقٌ
    Selatan
    جَنُوْبَ
            Contoh :
            Sekolah di depan rumah
    اَلْمَدْرَسَةُ أَمَامَ الْبَيْتِ
    Pulpen di atas buku
    اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
    Siswa di sekitar sekolah
    اَلتِّلْمِيْذُ حَوْلَ الْمَدْرَسَةِ
    Perpustakaan di belakang sekolah
    اَلْمَكْتَبَةُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
    9.       Materi Pembelajaran
    Arah (أسماء الجهات) atau Letak suatu benda (ظرف المكان)
    Di depan
    أَمَامَ
    Di antara
    بَيْنَ
    Di belakang
    وَرَاءَ / خَلْفَ
    Di sekitar
    حَوْلَ
    Di atas
    فَوْقَ
    Di sisi
    عِنْدَ
    Di bawah
    تَحْتَ
    Di samping
    جَنْبَ
    Kanan
    يَمِيْنَ
    Di sebelah
    جَانِبَ
    Kiri
    شِمَالَ / يَسَارَ
    Di sini
    هُنَا
    Di sana
    هُنَاكَ
    Barat
    غَرْبٌ
    Utara
    شَمَالَ
    Timur
    شَرْقٌ
    Selatan
    جَنُوْبَ
            Contoh :
            Sekolah di depan rumah
    اَلْمَدْرَسَةُ أَمَامَ الْبَيْتِ
    Pulpen di atas buku
    اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
    Siswa di sekitar sekolah
    اَلتِّلْمِيْذُ حَوْلَ الْمَدْرَسَةِ
    Perpustakaan di belakang sekolah
    اَلْمَكْتَبَةُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ
    10.   Materi Pembelajaran
    Jumlah Ismiyah (جملة اسمية) dan Jumlah Fi’liyah (جملة فعلية)
    §  Jumlah Ismiyah adalah jumlah yang diawali oleh isim (kalimat yang tersusun dari Subjek + Predikat)
    Contoh : عَلِيٌّ مَرِيْضٌ (Ali Sakit)
                              مُحَمَّدٌ مُسَافِرٌ (Muhammad Berpergian)   
    §  Jumlah Fi’liyah adalah jumlah yang diawali oleh fiil (kalimat yang tersusun dari Predikat + Subjek)
    Contoh : مَرِضَ عَلِيٌّ (Telah sakit Ali / Ali telah sakit)
                               سَافَرَ مُحَمَّدٌ (telah berpergian Muhammad/Muhammad telah berpergian)
    11.    

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Diberdayakan oleh Blogger.

    Arsip Blog

    About

    - Copyright © dunia hanyalah permainan - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -